Apr10

Beda Orang Indonesia, Orang Jepang, Orang China, Dan Orang Amerika | Renunganku | Kaptenworld

Diposting oleh Hubban Loebs Guitar
Artikel ini dibawah aku posting sama sekali bukan berniat untuk bersikap SARA ataupun untuk menghina sesuatu,artikel ini hanya berisi perenunganku atas apa yang aku rasakan dan coba fahami,penuh dengan kekuranganku dan kebodohanku,sebelumnya mohon maaf dan maklum

Apa yang membedakan orang China,Jepang,Amerika dengan kita? Orang-orang Indonesia. Ada pepatah lain ladang lain belalang. Lain daerah memang lain kebudayaan. Menurut ku yang membedakan kita dengan yang lain adalah budaya kita yang terlampau santai dan terbiasa dengan kebodohan. Mengapa demikian? Ayo kita bahas...

Orang Jepang

Budaya Harakiri. Harakiri adalah kebiasaan orang Jepang jika mengalami kekalahan atau melakukan kesalahan yang memalukan. Mari kita lihat sisi positif dan negatifnya. Pada zaman dahulu, Harakiri dilakukan saat seseorang kalah berduel. Tidak tahan menanggung malu. Memang terdengar seperti orang yang memiliki kepribadian yang lemah dan dosa hukumnya jika bunuh diri, tetapi maksud sebenarnya adalah untuk menjaga kehormatan. Daripada dibunuh atau diampuni lalu hidup terhina, lebih baik berbesar hati mengakui kekalahan lau mati dengan terhormat. Sampai sekarang, harakiri masih ada di kehidupan orang Jepang. Lihat saja para koruptor Jepang yang pasti mati bunuh diri karena tak sanggup menahan malu. Padahal mereka korupsi untuk membiayai kebutuhan partai. Tidak seperti di Indonesia masuk rekening pribadi. Inilah yang menyebabkan Jepang tidak masuk dalam 10 Negara Asia terkorup versi metro10. Atau kisah saat pertempuran Jepang- Amerika di Pulau Iwo Jima. Tentara Jepang hanya ada 22000 dan Amerika 100000. Dilihat dari jumlah sudah pasti kalah. Tapi baik jendral maupun prajurit tidak ada yang mau menyerah. Mereka tetap bertempur walaupun sudah tahu apa hasilnya. Dan bagi mereka yang berhasil selamat, akan langsung menancapkan pisau ke perut mereka alias Harakiri. Kalau kita, baru ditodong kompeni sudah bilang “Ampun menir.” Bahkan, para pilot yang selamat dalam pertempuran usai perang ini, langsung kembali ke Jepang dan bunuh diri di tempat pendaratan. Dan diyakini mereka menjadi hantu dan membuat tempat pendaratan mereka salah satu tempat terangker di Jepang. Intinya mereka itu tahu malu, disiplin, dan cinta negara. Tidak seperti koruptor kita yang masih bisa senyum-senyum disorot kamera TV dan tidak mengaku salah. Mereka juga tidak terbiasa dengan budaya jam karet.....

Orang China

Dagang, uang,uang,uang,bisnis,usaha, lalu kaya, kata- kata yang identik dengan orang-orang China. Mereka rajin-rajin dalam usaha, rajin menabung dan sabar sampai akhirnya mereka kaya. Walaupun hanya bisnis kecil, mereka akan tetap menjalankannya. Sampai ada pepatah orang China “Jangan takut saat berjalan pelan, tetapi takutlah saat anda diam” Sebelum mereka berhasil, mereka tidak akan makan makanan lain selain nasi dan tahu. Tentu kita bisa lihat dari penduduk Tiong Hoa sekarang atau tanyakan pada generasi sebelum kita bagaimana kehidupan para keturunan ini. Dari hasil keuntungan usaha mereka, mereka akan menabungnya sampai cukup besar. Eits... Tunggu dulu bukan untuk bersenang-senang tapi untuk merperluas usaha mereka. Baru sampai mereka rasa cukup, mereka akan bersenang-senang. Tentu saja rumus usaha ini membuat mereka terlihat lebih sukses dibanding kita, penduduk pribumi tanah ini. Bandingkan dengan kita, setelah dapat uang cukup banyak, para lelaki pasti menikah lagi dan berfoya-foya, setelah itu hidup susah lagi. ‘Haiya, lu olang kalau dagang pake otak aaa...’ Intinya orang China adalah orang yang ulet,rajin, dan sabar. Patut kita contoh....

Orang Amerika

Amerika Serikat maksud ku. Negara demokrasi liberal ini memang lebih nyantai hidupnya. Kalau setahun orang Jepang bekerja 3800 jam, mereka hanya 1800jam. Mereka terbiasa dengan kebebasan. Batasan untuk mengeluarkan pendapat mereka sangat tipis. Karena paham ini, kebebasan mereka tidak cocok dengan masyarakat kita, seperti: freesex,kumpul kebo, atau apalah yang lain-lain. Walaupun lebih santai daripada Jepang, bukan berarti budaya mereka sama dengan kita.Buktinya mereka lebih galak alias lebih serius dalam menangani masalah yang menyangkut kedaulatan mereka termasuk masalah kewarganegaraan seperti yang dialami model Manohara. Dan walaupun mereka itu bebas, mereka bertanggung jawab. Pernah lihat orang Muslim berdemo anarkis di Amerika seperti di Indonesia? Bukan berarti mereka tidak menuntut tapi seperti yang aku bilang bebas bertanggung jawab, bukan dengan demo anarkis tapi menggunakan pendekatan yang lebih ampuh, mungkin berdiskusi atau dibicarakan baik-baik. Mereka cukup paham apa konsekuensi demo anarkis itu dan berusaha untuk tidak terlibat, tidak mencari masalah baru. Itu lebih bijaksana dan teratur, kuharap saudara-saudara juga bisa mencontoh muslim di Amerika Serikat ini. Intinya mereka bertanggung jawab, tahu aturan,tegas,dan bijaksana.

Lalu bagaimana dengan kita sobat,agan,abang,tante,om,ibu,kakak?bisakah kita seperti itu
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

32 tanggapan untuk "Beda Orang Indonesia, Orang Jepang, Orang China, Dan Orang Amerika | Renunganku | Kaptenworld"

18:57, 10-Apr-11
Aroena

pertama boz!
[color=yellow]kunjungan malem boz..numpang ngopi..wekekek..sekalian juga mo numpang tenar..hehe..lam kenal[/color]

18:59, 10-Apr-11
fandy.mywapblog.com

Kita contoh yg baik2nya z dr org2 jepang,chinese,dan amrik

19:07, 10-Apr-11
Kaptenworld

@aroena : silahkan sob...salam kenal ya
@fandy : betul sob,mudah2an kita bisa jadi bangsa yang maju

22:23, 10-Apr-11
Faozan MWBer's

[h5]bisa ngga yah ?... tp dibalik itu pasti ada negatifnya jg, tp kita tetap liat yg postif...[/h5]

00:50, 11-Apr-11
aden

Gimana ya biar negara ini maju,bukan korupsinya aja yang majubiggrin

01:50, 11-Apr-11
Arizqi

Iya tuh sob ane suka miris liat kelakuan orang2 jaman sekarang
mulai dari pjabat tngkat kelurahan sampe yg tngkat knegaraan smuanya brlomba-lomba mmperkaya diri sndiri,,liat pelajar yg lebih seneng tawuran d banding baca buku plajaran,,liat facebooker yg suka nulis status suever luebayy& ga juelas guitohmrgreen

02:19, 11-Apr-11
Kaptenworld

@faozan: iya bener,pasti ada sisi fositifnya sob,misalnya kita bangsa yg ramah,berjuang hidup atau mati (dulu kala),hehehe..thanks sob

02:21, 11-Apr-11
Kaptenworld

@aden : kayaknya sulit sob aden,karena budaya feodal yg udah mendarah daging banget ditubuh kita.
@arizki : "facebookers yg super lebay"....hahahahaha

02:42, 11-Apr-11
Andihicks

Pejabat Public Negara kta mna bsa nyontoh yg baek kang lha wong udach didemo abis2an ajh msh senyum sna snym sni macem photo model ko'...he..he..he..

02:46, 11-Apr-11
Kaptenworld

hehehe...kayak foto model,ngakak beneran aku sob...

02:59, 11-Apr-11
Jongos

aq stjU amA fandi!

03:20, 11-Apr-11
Kaptenworld

thanks sob jongos,kita sama2 setuju

03:59, 11-Apr-11
Kzu Blog | Blog'e cah PATI

[h5]mampir balix gan[/h5]

05:05, 11-Apr-11
Kaptenworld

yuk,thanks udah mampir sob

05:47, 11-Apr-11
Nitt4

andai sj org2 kita tdk malas untuk berusaha, yg kaya mkn kaya yg miskin terpuruk,.

06:36, 11-Apr-11
Kaptenworld

iya,andai saja ya nitt4,thanks udah berkunjung sob...

07:42, 11-Apr-11
Edi Siswanto | Belajar Jadi Master

ijin nyimak

08:03, 11-Apr-11
Kaptenworld

silahkan sob...

08:09, 11-Apr-11
Opick ngeBlog

Berbeda-beda tetapi tetap satu juga, itulah indonesia.
mantep Kapten, salam semangat.

09:39, 11-Apr-11
Yadi

mantap bang MERDEKA... MERDEKA...

11:18, 11-Apr-11
Kaptenworld

@sob opick : salam juga sob opick
@ yadi : merdeka om yadi..hehehehe

11:40, 11-Apr-11
Wawan93

mantap gan, nice infox

11:46, 11-Apr-11
Troly Squad

[color=red]mrgreenhehehe... itulah bangsa indonesia boss, senangnya yg mudah2 aja...
tp bgaimanapun, aku bangga jd orang INDONESIA...mrgreen[/color]

12:28, 11-Apr-11
Ibenk Msv

Aku wong jowo mas sallam peace n respeck buat orang medan...smile cowww

12:29, 11-Apr-11
mocoz

wah bener juga tu gan,,, harus jadi bahan renungan

13:06, 11-Apr-11
Kaptenworld

@wawan : makasi sob
@troly squad : aku juga bangga menjadi org indo sob(dikit) hehehe

13:08, 11-Apr-11
Kaptenworld

@ibenk : salam juga mas...
@mocos : tul sob,makasi udah mampir ya

16:37, 11-Apr-11
wisma

Untuk INDONESIA...
Apakah Revolusi adalah harga mati....???

16:38, 11-Apr-11
Latihan

Untuk INDONESIA...
Apakah Revolusi adalah harga mati....???!!

16:54, 11-Apr-11
Kaptenworld

weleh,pejuang 45 nya udah datang tu...hehehe

03:13, 12-Apr-11
Wisma

abis kesel KORUP kok berjama'ah...giliran sholat sendiri2. mrgreen

05:45, 12-Apr-11
Kaptenworld

hehehehe...iya om,sekali2 sholat yg berjamaah ya

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)